Rabu, 04 September 2019

7 Entrepreneur UKM Sukses di Indonesia yang Mungkin saja Contoh


Entrepreneur UKM sukses bisa jadikan contoh atau teladan buat Kamu sekaligus. Satu usaha disebutkan sukses dapat disaksikan proses dari atau perjalanannya. Dalam makna, proses membesarkan usaha itu dari kecil sampai besar yang dikerjakan oleh pelaku bisnis atau pengusahanya. andy soewatdy bisa menjadi solusi untuk kamu.

Selain itu, ada dua jenis entrepreneur ditengok proses dari usaha yang ditekuninya. Pertama, entrepreneur yang memperoleh warisan usaha dari orangtua atau orang. Ke-2, entrepreneur yang membuat serta meniti usaha kecil menengah (UKM) dari 0 atau kecil. Dengan usaha keras, tidak mudah menyerah, serta berpikiran progresif, pada akhirnya usaha yang ditekuninya jadi besar sekaligus juga memberikan keuntungan.

Ada banyak entrepreneur UKM sukses di Indonesia yang dahulunya membentuk bisnis dari 0 serta dapat jadi ide kita. Siapakah mereka? Tersebut informasi untuk kalian calon-calon entrepreneur.

Bob Sadino
Berikut entrepreneur sukses di Indonesia yang dapat Kamu buat jadi teladan dalam melakukan bisnis. Bernama komplet Bambang Mustari Sadino atau akrab di panggil Bob Sadino ialah seseorang entrepreneur Indonesia yang awalnya sudah pernah jadi karyawan dalam suatu perusahaan Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN).

Sesudah seputar sembilan tahun mengabdi pada negara, Bob putuskan untuk resign dari kerjaannya itu serta pilih buka usaha sendiri. Usaha pertamanya, yakni rental mobil yang sudah sempat berhenti ditengah-tengah jalan sebab Bob alami kecelakaan jalan raya.

Bahkan juga, Bob sudah sempat jadi buruh bangunan dengan gaji harian. Sambil kumpulkan modal , Bob melirik kesempatan usaha baru, yakni beternak ayam dengan produk yang dijualnya telur ayam. Seterusnya, Bob terus megembangkan bisnisnya itu seperti saat ini.

Walau Om Bob sudah tanpa, tapi figurnya yang simpel serta motivasi-motivasi yang tidak lepas dari jaman masih diingat oleh beberapa pengusaha-pengusaha. Lebih penampilannya yang tidak memberikan ia seseorang entrepreneur sukses.

Achmad Zaky
Ia ialah founder sekaligus juga CEO bukalapak . Lulusan ITB Bandung yang bersama dengan beberapa partnernya dulu buka bengkel kerja. Mereka membuat bermacam aplikasi digital.

Pada akhirnya tercetus membuat suatu situs jual beli online yang waktu itu seputar tahun 2010 masih dikit pesaingnya. Cuma bermodal seadanya serta khususnya kemampuan dari beberapa pendirinya. Diawali dari kunjungan 10 ribu pengunjung /hari, saat ini situs itu telah sampai 500 ribu pengunjung /hari. Bahkan juga, Bukalapak mulai mengembangkan sayap dengan membuat posisi usaha yang lain.

Gibran Rakabuming
Ia ialah anak sulung Presiden Joko Widodo atau yang lebih diketahui dengan Jokowi. Gibran dikenal juga jadi seseorang entrepreneur UKM sukses di bagian kuliner. Ia mempunyai usaha katering serta wedding organizer dan beberapa tempat makan.

Didapati jika Jokowi sebelum terjun ke dunia politik sebagai seseorang entrepreneur yang menekuni usaha meubel.

Tetapi,Gibran tidak ingin ikutan usaha yang sama ditekuni ayahnya. Ia lebih pilih usaha kuliner yang menurut dia lebih menjanjikan yang akan datang. Waktu pertama ingin melakukan bisnis, ia tidak memercayakan modal orang tuanya. Pria yang telah memiliki seseorang anak ini ajukan proposal utang pada beberapa bank. Mengucapkan syukur ada satu proposal utang yang di setujui. Seterusnya, ia mulai meniti usaha kateringnya dari 0 yang dinamakan Chilli Pari.

Yasa Singgih
Entrepreneur yang satu ini mengawali bisnisnya semenjak masih berumur remaja. Pada saat teman-temannya sedang asyik bermain serta belajar, Yasa Singgih pilih berpikir langkah memperoleh banyak uang dari usaha yang dijalankannya. Ia sudah pernah jadi presenter freelance untuk beberapa acara. Pria kelahiran 1995 ini melakukan bisnis online jual lampu hias. Di rasa kurang menjanjikan, Yasa meninggalkannya serta berubah pada usaha di bagian fashion. Ia membuat satu merek baju pria yang bernama Mens Republic.

Tentunya tidak gampang mengawali bisnisnya. Yasa harus berkompetisi dengan beberapa pesaing di luar sana yang terlebih dulu eksis di market. Bahkan juga, Yasa sudah sempat tidak untung, tapi masih menjaga bisnisnya itu.

Dengan usaha keras serta tidak mudah menyerah, usaha fashionnya mulai disukai banyak customer. Yasa belum senang serta masih ingin mengmbangkan kekuatannya berbisnia. Oleh karena itu, ia membangun layanan konsultasi manajemen. Bahkan juga, ia melakukan bisnis property dengan jual kavling tanah di Bogor.

Nicholas Kurniawan
Satu entrepreneur UKM sukses di Indonesia yang mengawali bisnisnya dari 0. Waktu usianya baru 20 tahun, pemuda yang satu ini telah jadi exportir ikan hias Indonesia. Ia kerja keras sebab keperluan hidupnya bersama dengan keluarganya yang tersuruk sebab terbelit hutang. Oleh karena itu, Nicholas mulai membulatkan tekad melakukan bisnis kecil-kecilan dari mulai kuliner, MLM, serta mainan.

Semua gagal bahkan juga sampai membuat tidak naik kelas saat duduk di kursi SMA. Berharap maklum, pada saat rekan-rekan sepantarannya belajar telaten di sekolah serta bermain, Nicholas menyibukkan diri serta memutar otak ingin melakukan bisnis apa. Ia pilih ikan hias jadi produk yang dijualnya sebab menyenanginya. Diawali dari jual dengan online kecil-kecilan sampai jadi exportir ikan hias sukses.

Susi Pudjiastuti
Wanita yang saat ini jadi Menteri Kelautan serta Perikanan ini memang berlatar belakang entrepreneur. Semenjak usaha sekolah, Susi telah melakukan bisnis semenjak umur belia. Sampai ia harus drop out dari SMA dikarenakan lebih pilih melakukan bisnis pengepul ikan di Pangandaran, Jawa Barat dibanding belajar di sekolah bersama dengan teman-temannya.

Perilakunya yang cukup nyeleneh itu memang tidak umum di usianya yang masih remaja. Tetapi, apa bisa buat sebab ia harus kerja supaya bisa meneruskan hidupnya. Dengan kemauan keras, usaha perikanan Susi makin maju. Bahkan juga, ia mengembangkan sayap dengan merambah ke usaha penerbangan dengan membangun maskapai Susi Air.

Hamzah Izzulhaq
Seseorang pemuda kelahiran 1993 yang semenjak kecil memang tertarik dengan usaha. Dari mulai berjualan petasan, kelereng koran, jadi tukang parkir dadakan, dan lain-lain. Ia ingin cari uang sendiri dengan upayanya sendiri. Satu hari saat duduk di kursi SMA, Hamzah ikuti seminar yang mengulas tentang usaha di umur awal. Ia berteman dengan seseorang pemuda yang beberapa waktu lebih tua darinya, tapi telah mempunyai tuntunan belajar (bimbel) dengan 44 cabang di beberapa kota.

Lalu, pemuda itu menawari Hamzah usaha waralaba bimbel yang dapat dibeli pada harga Rp 175 juta. Hamzah kumpulkan modal sendiri Rp 5 juta. Ia pinjam modal uang dari ayahnya sebesar Rp 70 juta. Bekasnya yang masih Rp 100 juta dibayar Hamzah lewat cara mencicil yang diambilkan uangnya dari keuntungan setiap semester.

Bersamaan perjalanan waktu, usaha bimbel yang digerakkan Hamzah makin berkembang sampai saat ini. Bimbel kepunyaannya sukses mengambil siswa dari bermacam tahap pendidikan dengan jumlahnya seputar 200 orang setiap semesternya.

Demikian beberapa entrepreneur UKM sukses di Indonesia yang mengawali bisnisnya dari 0 sampai sampai keberhasilan. Semua dapat Kamu buat jadi ide untuk melakukan bisnis UKM. Sebetulnya, ada banyak entrepreneur UKM yang sukses di luar sana. Kamu dapat belajar dari mereka untuk dapat sukses seperti mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar